Playlist

Kamis, 31 Juli 2014

Aku dan Tarbiyah (Jilid I)

Aku tumbuh disana bersamanya
Dia menyambutku penuh hangat
Ia jabat dan rangkul aku
Ia berikan segala yg ia punya padaku
Dan inilah perjalanan tarbiyahku selama masa itu

Periode pertama Tarbiyah saya dimulai dari ketika saya masuk bangku Kuliah, yaitu mentoring. Pementor saya pertama adalah mba Kkn. Teman-teman saya saat itu ada Retno”Eno”, Dhanik “Bocil”, Aisyah, Khotim”Otim”, Uswatun Hasanah”ana”.
            Periode kedua Tarbiyah saya adalah ketika saya menginjak semester 4 yaitu Liqo. Saat itu Murobbi saya adalah mba Nn Tekim’ 05 (kalau tidak salah). Periode ini merupakan periode terpendek saya liqo karena hanya sekitar satu semester saja. Teman-teman saya saat itu yang saya ingat adalah Din, Richa, Dhanik.
            Periode ketiga Tarbiyah saya adalah ketika saya menginjak semester 5 yaitu dengan  Mba End sebagai Murobbi saya. Periode ini merupakan periode terpanjang saya di Liqo. Yaitu sekitar 2 tahun. Sampai akhir semester 7 saya berada dilingkaran yang indah bernama Harmoni Circle. Teman-teman saya adalah Hanik, Eva, Mba Rini, Nely “nene”, Venny, Lina dan Yossi.
            Setelah melawati masa tarbiyah yang panjang tersebut kembali harus berpisah dan bertemu dengan lingkaran yang baru yaitu periode keempat Tarbiyah saya, bersama dengan mba Ey. Teman-teman saya adalah Tuti, Kiki, Lina, Jumi dan Venny.

Dan periode terakhir saya tarbiyah di Undip adalah ketika masa-masa kelulusan. Dengan murrobi mbak Fr. Saya bersama dengan 4 teman saya lain lain yaitu Tuti, Kiki, Ayu, Lina, dan Venny. Dan selanjutnya In sya Allah akan dilanjutkan dengan kelompok yang baru di UI, bertemu dengan lingkaran dan saudara yang baru.

Seperti itulah perjalanan Tarbiyah saya. Perjalanan terindah yang saya lalui. Perjalanan luar biasa dalam membentuk Ukhuwah Islami. Perjalanan yang tidak semua orang  mau mengarungi. Perjalanan penuh dengan hati, penuh dengan cinta, kasih, dan emosi. Perjalanan yang ilmu-Nya adalah material yang mengantarkan kita pada kepahaman. Perjalanan yang terus berganti. Terus berubah. Terus berputar. Tapi tak pernah berubah dalam kekuatan cinta karena Allah...

Karena perjalanan ini aku menjadi banyak belajar,
Belajar memahamkan diri sendiri,
Belajar memahami yang lain,
Belajar mengartikan dan mempraktikan persaudaraan yang sesungguhnya,
Belajar hidup untuk orang lain, dengan ilmu dan cinta..
Aku menjadi sedikit dewasa disini, menjadi lebih berarti..bersama lingkaran yang indah yang tidak bisa ditemukan dimanapun...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar